Presiden Nigeria diisukan meninggal dan posisinya digantikan ‘kembaran’


Muhammadu Buhari

Hak atas foto
AFP

Image caption

Mr Buhari will celebrate his 76th birthday later this month

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari, muncul untuk menyangkal desas-desus yang menyebutkan dirinya telah meninggal dan yang tampil sehari-hari di istana adalah orang yang mirip dengannya.

“Ini adalah saya yang sebenarnya, percayalah,” kata tokoh yang kita yakini saja sebagai presiden Buhari asli.

Ada pula kabar burung yang menyebut bahwa ia telah ‘dikloning,’ dan dalam keseharian sebagai presiden Nigeria dia telah digantikan oleh sosok ‘kembaran’ yang mirip, bernama ‘Jubril’ yang disebutkan berasal dari Sudan.

Sejak memangku jabatan, 2015 lalu, kesehatan Presiden Buhari menjadi pembicaraan. Pada tahun 2017, Buhari mengambil ‘cuti sakit’ selama tiga bulan di Inggris.

Betapapun, Buhari berusaha memenangkan Pemilu Februari tahun depan, untuk memperoleh mandat kepresidenan yang kedua.

Setelah kembali mendarat di Nigeria ia mengatakan bahwa “Saya tak pernah menderita sakit separah ini”, namun tak pernah mengungkapkan penyakit apa gerangan yang dideritanya, dan ia menegaskan bahwa kini ia sehat walafiat.


Sangkalan bisa jadi bumerang

Ishaq Khalid, BBC News, Abuja

Banyak warga Nigeria terkejut tatkala Presiden Buhari memutuskan menanggapi isu ganjil tentang sosok kembaran bernama ‘Jubril’ itu.

Isu itu menjadi olok-olok di media sosial sejak berbulan-bulan, dan umumnya dianggap sebagai berita palsu, dan diabaikan media serius.

Namun memang gosip ini dijadikan bahan oleh lawan-lawan politik Buhari untuk mempersalahkan kesehatannya.

Dan justru, berkebalikan dengan harapan para stafnya, pernyataan Buhari bahwa ia ‘bukanlah seorang klon’ malah bisa berbuntut pada desas-desus lebih jauh tentang kesehatannya, justru ketika ia mempersiapkan diri menghadapi Pemilihan Presiden, Februari 2019.


Menurut penyelidikan Fact Check AFPdesas-desus itu mulai muncul tahun lalu di Facebook, Twitter dan YouTube. Unggahan yang mempromosikan desas-desus itu dibagikan lebih dari 500.000 kali.

Salah satu yang mempromosikan kabar burung ini adalah seorang mantan staf khusus Goodluck Jonathan yang merupakan pendahulunya.

‘Tidak pantas’

Menurut AFP, rumor ini juga disebar-luaskan Nnamdi Kanu, pemimpin Indigenous People of Biafra (Ipob) yang ingin memisahkan diri.

Salah satu contoh penyebar-luasan kabar ini adalah unggahan dua gambar Buhari, salah satunya dipasang terbalik, dengan tulisan bahwa Buhari di foto itu menulis dengan tangan kiri padahal bukan kidal, ‘sebagai bukti’ bahwa sosok itu bukan Buhari.

Sebuah adegan dari film Face/Off buatan 1997 juga digunakan menyuburkan rumor untuk menunjukkan bahwa wajah orang yang sudah mati bisa dicangkokkan kepada manusia lain.

Presiden Buhari yang sedang berada di Polandia untuk menghadiri KTT Iklim G-24 menyampaikan bantahannya ketika ditanya oleh wartawan.

Seorang stafnya mengunggah video adegan itu.

Presiden Buhari yang akan berulang tahun ke-76 pada 17 Desember, mengatakan bahwa rumor itu tidak pantas dan tak sesuai dengan nilai agama.

“Banyak orang berharap saya mati tatkala saya sakit dahulu itu. Bahkan ada yang datang kepada wakil presiden minta dipertimbangkan diangkat sebagai wakilnya karena saya dianggap sudah mati.

“Hal itu jelas sangat memalukan dia. Dia menengok saya saat di London, saat kesehatan saya membaik… Ini saya yang asli. Percayalah,” tambah Buhari.

Dalam pemilihan presiden Februari nanti, Atiku Abubakar, seorang mantan wapres, muncul sebagai penantangnya yang terberat.

Kelompok oposisi diyakini akan menjadikan kesehatan Buhari sebagai isu kampanye mereka. Namun Buhari enteng berkata: “Saya masih sangat kuat.”



Source link

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.