Polemik penyanyi telanjang, Ariana Grande berseteru dengan pembawa acara Piers Morgan


Ariana Grande dan Piers Morgan

Hak atas foto
PA/Getty

Image caption

Penyanyi itu mengatakan Piers Morgan memojokkan para ‘perempuan muda, cantik dan sukses.’

Bintang pop Ariana Grande mengecam Piers Morgan lewat serangkaian cuitan untuk perempuan yang memilih untuk menunjukkan tubuh mereka.

Ia membela Little Mix, band perempuan yang memilih untuk memamerkan tubuh dalam sampul album mereka.

Piers Morgan, presenter terkenal stasiun televisi ITV itu menyentil para anggota Little Mix karena berpose telanjang.

Ia mencemooh ‘sikap feminis’ yang dilontarkan grup band tersebut dan menuduh mereka menggunakan seks untuk melariskan rekaman mereka.

Ariana Grande pun turun tangan dengan mengatakan: “Saya menggunakan bakat saya dan seksualitas saya sepanjang waktu karena saya memilihnya.

“Perempuan bisa menjadi seksual dan berbakat. Telanjang dan bermartabat. Itu pilihan kami,” cuit Grande.

Bagaimana pertikaian itu berawal?

Piers Morgan dikenal sebagai provokator dalam isu seperti ini.

Saat berdebat tentang foto dan Little Mix dalam acara Good Morning Britain di stasiun ITV awal pekan ini, ia mengatakan grup band perempuan itu berfoto telanjang untuk mencari perhatian dan menuduh mereka “menggunakan seks untuk melariskan rekaman mereka”.

Foto yang digunakan untuk mempromosikan lagu baru mereka, Strip, menunjukkan para anggota band itu bertelanjang dengan sekujur tubuh bertuliskan berbagai kata-kata bernada penghinaan yang biasa dilontarkan pada perempuan.

Hak atas foto
Rankin / Syco

Image caption

Lirik dalam lagu Little Mix mendorong para penggemarnya untuk mengabaikan komentar-komentar negatif di media sosial.

Kepada BBC, band ini mengatakan bahwa foto itu mewakili semua kekurangan mereka dan ‘seberapa jauh mereka telah mengarungi perjalanan menuju tahap mencintai diri sendiri.’

Dalam lagu terbaru mereka antara lain disebutkan: “Akhirnya mencintai ketelanjangan saya, paling seksi saat saya merasa percaya diri.”

Namun Morgan menegaskan ia menyangsikan pesan mereka tentang tubuh positif -body positivity.

“Ini gagasan bagus untuk kalian, kaum perempuan muda: jika ingin benar-benar memberdayakan diri sendiri, bertelanjanglah dan tulislah kata-kata merendahkan di sekujur tubuh Anda,” ujar Morgan dalam acara GMB, sebelum menunjukkan dirinya dalam penampilan olok-olok dengan gambar yang diedit melalui photoshop berpose dengan tulisan-tulisan penghinaan di sekujur tubuhnya.

“Mengapa kita terus berlagak seakan melucuti pakaian adalah pemberdayaan secara feminis?” tambahnya, sambil menyentil selebriti lain yang telah berpose telanjang seperti Kim Kardashian.

Pertikaian antara band itu dan Morgan kian meluas, ketika salah satu personilnya Jesy Nelson mengatakan kepada presenter BBC Nick Grimshaw, bahwa ia tidak terkejut pada kecaman Morgan sebelum akhirnya melontarkan berbagai sumpah serapah mengatai presenter TV tersebut.

Ia lalu mengunggah foto dirinya berpose dengan pakaian dalam di akun Instagram-nya.

Hak atas foto
Getty Images

Image caption

Grup band Little Mix berpose dengan Ariana dalam ajang Nickelodeon Kids’ Choice Awards tahun 2013.

Keesokan harinya, Morgan menanggapi dalam acara TV dia sendiri: “Oh, Jesy, Anda merendahkan diri Anda sendiri, sayang” lalu menuntut permintaan maaf dari grup band tersebut.

Ia juga mencuit bahwa penyanyi berusia 27 tahun itu tampak ‘konyol’ dan menyebut kelompok band itu telah mencuri ide pemotretan dari Dixie Chicks.

Jadi mengapa kini Ariana Grande pun terlibat?

Sebelumnya, Piers Morgan juga menyebut Ellen DeGeneres munafik, karena dalam sebuah segmen acara ia ‘merayakan’ foto para pria tampan, yang sebagian di antaranya nyaris bugil.

Ibunda Ariana Grande, Joan, akhirnya terjun pula dalam pertikaian itu. Ia mengutip cuitan Morgan tentang Dixie Chicks dan berkata: “Tidakkah ibumu pernah mengajarimu, jika tidak asa hal baik yang bisa Anda katakan, ya jangan katakan!”

Lalu sang presenter menjawab lagi, melipat-gandakan tuduhan bahwa band itu menggunakan ketelanjangan sebagai alat agar rekaman mereka dibeli orang.

Joan melontarkan jawaban pedas: “Ucapan sampah sekadara untuk merendahkan perempuan yang berkarya adalah misoginis atau tidak bermartabat dan bebal!”

Anaknya, Ariana Grande, juga merespon Morgan dengan serangkaian twit tentang hak perempuan untuk memilih menunjukkan tubuh.

Penyanyi itu juga menuduh Morgan munafik.

Little Mix beberapa kali ikut dalam tur bersama Grande dan tampil pula di konser One Love Manchester.

“Mudah-mudahan suatu hari Anda sadar, bahwa ada cara lain untuk membuat diri Anda relevan ketimbang mengkritik perempuan muda, cantik, dan sukses untuk semua yang mereka lakukan,” tambah Ariana.

Ia pun mengakhiri rangkaian pesannya dengan mengutip ucapan khasnya dari lagu terbarunya: ‘terima kasih, selanjutnya’ – thanks u, next.

Tak lama kemudian, Ellen de Generes dan Little Mix mengungkapkan dukungan pula kepada Grande anak dan ibu itu.

Namun Piers Morgan bersikukuh juga. Cuitan-cuitannya sama sekali tak mengendur.

Morgan lalu bertanya apakah screensaver ponsel Grande adalah foto telanjang pria setengah baya itu.

Kemudian tanpa sungkan ia meminta Ariana Grande untuk datang ke acara Good Morning Britainyang dipandunya untuk ‘menyelesaikan masalahnya’. Kendati kecil kemungkinan Grande memenuhi undangannya.

Betapa pun, Morgan tampak sangat senang dengan buntut pertikaian itu.

Sebagaimana yang mungkin ia niatkan sendiri, namanya Piers Morgan kemudian jadi topik yang trending di Twitter sebagai buntut pertikaian dengan Grande.





Source link

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.