Mutiara ratu Prancis yang tewas dipenggal menjadi rekor dunia


Marie Antoinette

Hak atas foto
AFP

Image caption

Dua perhiasan yang menjadi sorotan pada lelang adalah mutiara dan liontin berlian milik Marie Antoinette.

Sebuah mutiara dan liontin berlian milik mendiang Ratu Prancis, Marie Antoinette, dijual melalui lelang seharga US$36 juta atau setara dengan Rp533 miliar.

Harga itu, menurut rumah lelang Sotheby’s, menjadikan mutiara tersebut sebagai mutiara termahal di dunia.

Rekor perhiasan mutiara termahal sebelumnya dipegang oleh mutiara milik mendiang Elizabeth Taylor yang dijual melalui rumah lelang Christie’s pada 2011 seharga US$11,8 juta atau setara dengan Rp174 miliar.

Sotheby’s menyebut lelang di Jenewa pada Rabu (14/11) sebagai “koleksi perhiasan kerajaan terpenting yang terlihat di pasar”.

Beberapa perhiasan belum terlihat di muka umum selama 200 tahun. Penjualnya adalah keluarga bangsawan Bourbon-Parma dari Italia.

Hak atas foto
AFP

Image caption

Sejumlah perhiasan milik mendiang Marie Antoinette merupakan bagian dari koleksi keluarga bangsawan Bourbon-Parma dari Italia.

Selain mutiara dan liontin, perhiasan yang dilelang hari itu mencakup kalung berlian, anting berlian, dan cincin yang memuat seikat rambut Marie Antoinette.

Ada pula perhiasan milik Raja Charles X, keluarga bangsawan Austria, dan Parma. Seluruh koleksi yang dilelang dijual dengan nilai mencapai lebih dari 53 juta poundsterling atau Rp1 triliun.

“Koleksi perhiasan luar biasa ini menawarkan pemahaman terhadap kehidupan para pemiliknya ratusan tahun lalu,” kata Wakil Direktur Sotheby’s, Daniela Mascetti.

Marie Antoinette’s pendant sits here on a 119-natural-pearl necklace

Hak atas foto
AFP

Image caption

Liontin dipadukan dengan kalung yang terdiri dari 119 mutiara alami.

Marie Antoinette merupakan putri dari Austria. Dia menikah dengan Raja Prancis, Louis XVI.

Gaya hidupnya yang sangat mewah membuat mereka menjadi sosok yang dibenci pada era Revolusi Prancis mengingat rakyat jelata masa itu sedemikian miskin sehingga menderita kelaparan.

Marie Antoinette sempat menyelundupkan koleksi perhiasannya ke keluarganya di Austria sebelum berupaya kabur dari Prancis bersama suami dan anak-anak mereka. Namun, upaya tersebut gagal dan Marie Antoinette dipenggal pada 1793 dalam usia 37 tahun.

Hak atas foto
EPA

Image caption

Cincin bertuliskan inisial MA yang merupakan singkatan dari Marie Antoinette memuat seikat rambutnya.



Source link

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.