Kanselir Jerman Angela Merkel tepergok gunakan ‘sontekan’


German Chancellor Angela Merkel sits down with Australian PM Scott Morrison at the G20 Summit

Hak atas foto
EPA

Image caption

Kanselir Jerman Angela Merkel yang sudah berkuasa sekitar 13 tahun bertemu PM Scott Morrison yang baru berkuasa sekitar tiga bulan di KTT G20.

Sebagai perdana menteri Australia yang baru beberapa bulan menjabat, Scott Morrison agaknya bisa memaafkan Kanselir Jerman Angela Merkel, yang melakukan studi singkat sebelum pertemuan pertama mereka.

Saat keduanya duduk bersama di KTT G20 dalam perbincangan di depan wartawan, kamera menangkap Merkel membaca catatan tentang PM Morrison. Kertas catatan itu juga memuat foto Morrison.

Para pemirsa yang menyimak melalui televisi menanggapinya dengan geli, termasuk di Australia, menurut sejumlah laporan.

Namun kendati Angela Merkel ‘tertangkap basah menyontek,” kedua pemerintah, Australia dan Jerman tak menganggapnya sebagai peristiwa memalukan bagi siapa pun.

“Dari pihak kanselir Angela Merkel, tidak diragukan lagi … mereka hanya memastikan bahwa kanselir mendapat pembekalan yang tepat,” kata Menteri Perdagangan Australia Simon Birmingham kepada wartawan.

Hak atas foto
EPA

Image caption

‘Contekan’ Kanselir Angela Merkel dilengkapi dengan foto PM Scott Morrison.

Simon Birmingham mengatakan merupakan hal yang biasa bahwa kertas arahan seperti itu dilengkapi foto serta biografi singkat.

Namun, banyak yang menyebut, adegan yang tertangkap kamera itu tampak agak canggung.

“Siapa ini? Orang Australia mungkin bisa merasa senasib juga dengan kesulitan yang dihadapi Angela Merkel,” demikian bunyi headline di The Sydney Morning Herald.

Morrison menjadi perdana menteri Australia pada Agustus lalu setelah pendahulunya, Malcolm Turnbull, digulingkan di partainya.

Malcolm Turnbull adalah pemimpin Australia keempat yang digulingkan dengan cara ini sejak tahun 2010. Sebaliknya, Merkel telah menjadi pemimpin Jerman sejak tahun 2005.

Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga bertanya kepada Morrison tentang perubahan kepemimpinan Australia ketika keduanya bertemu di KTT G20 di Buenos Aires, Argentina.

Hak atas foto
AFP/Getty Images

Image caption

Scott Morrison juga bertemu Donald Trump di sela KTT G20.

“Kami hanya mengikuti saja acara-acara di sini,” kata Morrison kepada wartawan tentang percakapannya dengan Merkel.

Koalisi kanan-tengah Morrison kini hanya berkuasa sebagai pemerintahan minoritas setelah dalam pemilihan sela baru-baru ini kehilangan kursi. Dalam berbagai jajak pendapat mereka juga tertinggal dari Partai Buruh yang beroposisi.

Australia dijadwalkan melangsungkan pemilihan umum tahun depan, kemungkinan besar pada bulan Mei



Source link

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.