‘Ikon abadi Amerika’, Elvis Presley dapat penghargaan dari Donald Trump


Elvis Presley bermain gitar

Hak atas foto
Getty Images

Image caption

Medal of Freedom adalah penghargaan tertinggi yang bisa diberikan Presiden AS kepada warganya.

Penyanyi legendaris Elvis Presley adalah salah satu dari tujuh orang yang menerima penghargaan Medal of Freedom dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Medal of Freedom adalah penghargaan tertinggi yang bisa diberikan presiden AS kepada warganya.

Gedung Putih menyebut Elvis sebagai “ikon abadi Amerika”.

Penghargaan tersebut diberikan dalam sebuah upacara di Gedung Putih, Jumat (16/11). Selain Elvis, beberapa nama pesohor legendaris lainnya yang menerima penghargaan serupa adalah legenda baseball Babe Ruth, almarhum Jaksa Agung Antonin Scalia, juga bintang NFL Roger Staubach dan Alan Page.

“Amerika diberkahi warga negara yang sangat berbakat, punya semangat dan kemampuan tinggi,” ujar Trump dalam pidatonya. “Kita adalah bangsa yang besar dan kita saat ini berada dalam kondisi yang sangat prima.”

Hak atas foto
Getty Images

Image caption

Presiden Donald Trump memberikan penghargaan Medal of Freedom kepada Senator Utah Orrin Hatch yang akan pensiun.

Selain itu, Orrin Hatch, senator Utah yang akan pensiun serta dokter, filantropis, dan humanitarian Miriam Adelson juga termasuk dalam daftar penerima penghargaan.

Trump menyebut Senator Hatch sebagai “teman baik”, dan melontarkan lelucon: “Dia menyukai saya sejak awal dan karena itulah saya menyukai dia.”

Namun di sisi lain, nominasi yang diberikan kepada Nyonya Adelson, istri taipan kasino dan donor Partai Republik., Sheldon Adelson, menuai kritik.

Public Citizen, kelompok kepentingan umum Amerika mengatakan kepada the Guardian, “sangat sulit mempercayai keputusan untuk menjadikan Miriam Adelson sebagai nominator Medal of Freedom hanya berdasarkan prestasi yang dia miliki.”

Sementara, Miriam Adelson menyebut dia “merasa sangat terharu dan tersentuh dengan penghargaan itu”.

Adapun, Gedung Putih mengklaim mereka telah mengikuti prosedur dalam menetapkan nominator, seperti yang dilakukan pemerintahan sebelumnya.

Media playback tidak ada di perangkat Anda

Trump mengisahkan dia pernah menonton konser Elvis Presley dalam pidatonya.

Mereka telah meminta pertimbangan dari pihak “masyarakat umum, badan penasihat, kabinet dan staf senior” dalam menentukan keputusan penerima penghargaan Medal of Freedom, ujar juru bicara Gedung Putih Lindsay Walters.

Penghargaan tertinggi bagi warga sipil Amerika Serikat adalah Medal of Freedom yang dianugerahkan presiden dan Gold Medal yang diberikan oleh Kongres.

Apa itu Medal of Freedom?

Hak atas foto
Getty Images

Image caption

Presiden Obama memberkan 123 medali selama menjabat, jumlah penghargaan terbanyak yang diberikan presiden AS dalam sejarah.

  • Penghargaan tertinggi yang diberikan kepada warga sipil di Amerika Serikat.
  • Pertama kali diberikan oleh Presiden John F Kennedy pada 1963, penghargaan ini menggantikan medali pasca-perang yang sebelumnya diberikan presiden kepada warga sipil.
  • Penghargaan ini diberikan atas jasa dan kontribusi warga negara di bidang keamanan, kepentingan nasional AS, perdamaian dunia, atau jasa signifikan lainnya.
  • Kandidat dengan jasa luar biasa bisa diberi penghargaan dengan “Perbedaan Khusus”.
  • Penerima Medal of Freedom sebelumnya adalah Mantan Wakil Presiden AS Joe Biden dan Profesor Stephen Hawking.

Elvis tergabung dengan jajaran selebriti penerima penghargaan serupa sebelumnya termasuk Ella Fitzgerald, Bob Dylan, dan Stevie Wonder.

Dalam keterangannya, Gedung Putih mengatakan “Presley menunjukkan budaya Amerika pada miliaran fansnya di seluruh dunia. Menggabungkan (musik) gospel, country, harmoni dan blues, Presley menciptakan suara khas miliknya sendiri.”



Source link

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.